Home » , , » Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Rusak

Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Rusak

Posted by Langit Komputer

Advertisement
LangitKomputer.com | Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Rusak - Ada banyak kerusakan pada baterai laptop. Kali ini langit komputer akan rangkum jenis jenis kerusakan baterai laptop. dalam artikel ini akan dibahas dan disinggung cara memperbaiki baterai laptop yang rusak total yang mati dan cepat habis atau baterai laptop yang drop, disamping admin juga akan bagikan sedikit info tentang baterai laptop palsu. Berikut koleksi panduan Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Rusak.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak Tidak Bisa Mengisi

Pernah gak saat mencolokkan charger laptop untuk di cas muncul pesan “ plugged in, not charging” yang memberikan informasi memberi tenaga,tetapi tidak cas. Hal ini disebabkan oleh software management di device managernya corrupt,masalah baterai ini biasanya terjadi pada windows 7, untuk memperbaiki Baterai Laptop Rusak Tidak Bisa Mengisi daya harus re-install software API batterai tersebut melalui device manager
LangitKomputer.com | Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak Tidak Bisa Mengisi

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak Tidak Mengisi Daya

Berikut ini adalah langkah-langkah solusi  cara memperbaiki baterai laptop anda :
•    Cabut adaptor laptop
•    Shutdown (matikan laptop)
•    Cabut baterai laptop
•    Tancapkan adaptor TANPA memasang baterai
•    Hidupkan laptop
•    Klik kanan di My computer - manage. pilih device manager - battery --> klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compilant control method battery
•    Shut down
•    Cabut adaptor
•    Pasang baterai
•    Tancapkan adaptor
•    Nyalakan kembali

Bisa juga dengan cara sebagai berikut :
•    Buka my computer
•    Klik kanan properties pilih device manager - battery --> klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compilant control method battery
•    Cabut baterai
•    Setelah minimal 1 menit pasang kembali
•    Di device manager klik kanan scan for hardware change
•    Lepas Adaptor, buat baterai hingga dibawah lampu hijau atau 90% kemudian pasang kembali

Itulah  Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak Tidak Bisa Mengisi. Selanjutnya kita beralih ke panduan memperbaiki baterai laptop yang rusak.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak Total dan Drop

1. Cara memperbaiki baterai laptop rusak yang pertama ini mudah cepat dan tingkat keberhasilannya 100%, masalahnya mahal. Beli baterai laptop original ke dealer resmi laptop. Hampir semua merk laptop terkenal seperti laptop acer, HP-compaq, toshiba dll. memiliki devisi penjualan part laptop original. Namun harga jual baterai laptop ini cukup mahal, berkisar 500 ribu-1000 juta sesuai merek dan jumlah cell batteries laptop.

2. Cara memperbaiki baterai laptop rusak yang kedua, gantilah dengan baterai laptop OEM atau generik. Harga jual baterai laptop generik ini lebih murah dari harga jual baterai laptop original. Tapi keputusan ditangan anda. Baterai laptop adalah salah satu part/bagian laptop yang paling cepat rusak, jika  baterai laptop original mampu bertahan 1-2 tahun, bagaimana dengan baterai laptop generik?

3. Cara memperbaiki baterai laptop rusak yang ketiga adalah ganti sendiri cell baterai. Baterai laptop biasanya tersusun dari beberapa cell baterai lithium. Jumlahnya berbeda-beda biasanya sesuai dengan harga jual laptop, ada yang berisi 4cell, 6cell dan 8 cell lithium batteries. Itulah sebabnya harga laptop yang mahal bisa lebih lama waktu pemakaiannya dibanding dengan laptop harga murah. Cell baterai laptop ini dijual di toko elektronika. Harganya antara 80-150 ribu sesuai merk dan kapasitasnya. Soalnya jika beruntung, baterai laptop yang rusak atau drop dan tidak bisa di charge lagi biasanya tidak semuanya rusak, mungkin hanya 1-2 cell baterai laptop yang perlu diganti.

Langkah Langkah Memperbaiki Baterai Laptop Rusak


Berikut ini langkah cara-cara memperbaiki baterai laptop rusak dengan mengganti sendiri cell baterai.

1. Lepas baterai dari laptop dan bongkar casing baterai dengan menggunakan obeng minus atau pisau khusus pcb karena baterai laptop tidak dirancang untuk di service jadi tidak ada bautnya.
LangitKomputer.com | Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak Total dan Drop
2. TUT TUT TUT DANGER ALERT !:) Hati-hati saat membuka casing baterai karena didalamnya ada rangkaian circuit board baterai. Jangan sampai tergores pisau dan jalurnya putus. Mulailah dari samping ke belakang agar rangkain yang di bagian colokan tidak tercongkel pada saat membuka baterai. Jangan mulai dari posisi socket/colokan karena di situlah lokasi rangkaian circuit baterai laptop. Proses yang rapi juga membuat kondisi casing tetap baik dan 'pantas' untuk dipasang kembali ke laptop.
LangitKomputer.com | Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak Total dan Drop
3. Setelah terbuka, buat skema rangkaian baterai laptop sesuai aslinya, dan skema ini bisa berbeda sesuai merk laptop. Kita bisa photo pakai HP dulu agar tidak bingung saat memasangnya lagi.
Lepas solderan baterai dari rangkaian.
LangitKomputer.com | Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Rusak Total dan Drop
TUT TUT TUT DANGER ALERT !(..he he) Perhatikan juga sebelum lepas solderan battery yang akan diperbaiki/diganti. Saat menggunakan solder jangan terlalu lama karena baterai lithium bisa MELEDAK. Musuh utama baterai lithium adalah panas.
 
Cari kode nomor ukuran cell baterai, misalnya tertulis 18650 artinya adalah panjang cell baterai 18 milimeter dan besarnya lingkar cell baterai 65 milimeter. Usahakan beli baterai laptop yang sama agar cell bateries dapat dimasukkan pada casing baterai laptop. Kalaupun besarnya beda, janganlah terlalu besar selisihnya. Yang penting masih muat di case baterai laptop.
Semua tegangan/voltase Lithium battries laptop 3.6 volt, tapi kapasitasnya daya (mAH) berbeda. Usahan beli cell baterai laptop yang sama persis. Lebih besar lebih baik. Analoginya seperti 1 botol air 500ml dan 1000ml (1Liter), sama 1 botol tapi beda isinya. Jika bingung, bawa saja baterai yang rusak ke toko penjual baterai dan mintalah ukuran yang sama.
Setelah terlepas semua cek satu-persatu baterai lithium yang mati (death cell). Lalu gantilah cell baterai yang rusak dengan baterai lithium yang baru.
TUT TUT TUT DANGER ALERT bahaya lagi :). Pemasangan cell batteries baru dengan memperhatikan posisi + -, pemasangan baterai laptop baru yang terbalik dapat membuat baterai lithium MELEDAK. 
Pastikan pemasangan cell lithium batteries sesuai dengan skema yang sudah dibuat. Cek ulang rangkaian dengan AVO/multi tester. 
Susun rangkaian cell batteries laptop yang baru kedalam casing kembali. Gunakan lem 'glue stick' atau 'alteco'/Lem G *harganya 5 ribuan ditoko besi/toko kelontong. Jika ada bagian case yang rusak saat pembongkaran, bantu pemasangan dengan meletakkan potongan kain kasa atau kapas agar ada media lem untuk merekat. Usahakan serapi mungkin.
 

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis

Berikut Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis ;
Bahan-bahan dan peralatan Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis:
1. Kulkas atau lemari es (Freezer)
Jika belum mempunyai kulkas atau lemari es, sobat bisa menggunakan kulkasnya tetangga alias titip atau pinjam. hehehe.

2. Plastik pembungkus
Sobat bisa gunakan plastik pembungkus es yang cukup tebal atau plastik yang lainya, asal tidak bolong alias bocor.

3. Tali pengikat
Tali ini nanti kita gunakan untuk mengikat plastik, Gunakan tali atau karet yang mudah untuk mengikat plastik. Jangan gunakan tali tambang, nanti malah kebesaran dan tidak bisa untuk mengikat plastik.

4. Baterai yang mengalami Drop
Lepaskan baterai yang ngedrop dari laptop, tips dan trik ini hanya saya sarankan untuk baterai yang benar-benar sudah mengalami drop. Dengan catatan baterai dalam kondisi tidak rusak total.

Langkah kerja Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis :

1. Masukkan baterai laptop ke dalam plastik dan bungkus rapat-rapat dengan tali yang sudah sobat siapkan tadi. Dengan catatan jangan sampai ada bagian plastik yang bocor nanti bisa kemasukan air es.

2. Jika baterai laptop sudah terbungkus plastik dengan rapat, kemudian masukkan kedalam Freezer kulkas atau lemari es.

3. Biarkan baterai tersimpan di dalam freezer kulkas atau lemari es selama seharian atau semalaman penuh. Untuk tips yang lain agar lebih mantab bisa di biarkan selama satu sampai tiga hari.

4. Setelah melakukan langkah yang ke tiga diatas, silahkan sobat keluarkan baterai laptop yang masih terbungkus plastik dengan rapat.

5. Keluarkan baterai laptop dari bungkus plastik, kemudian diamkan di tempat dalam suhu normal. Untuk tips yang lain di internet ada yang menganjurkan untuk di jemur dibawah terik matahari, namun saran ini tidak saya anjurkan untuk sobat.

6. Jika kondisi baterai laptop sudah kembali pada suhu yang normal alias sudah tidak sedingin saat pertama ali di keluarkan dari freezer, silahkan pasang kembali pada laptop.

7. Langkah yang selanjutnya, setelah baterai sudah terpasang pada laptop sebagaimana mestinya, mohon laptop jangan di nyalakan. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang fatal pada baterai laptop.

8. Silahkan sobat charge laptop dalam keadaan mati sampai penuh 100%. Ada tips yang lain menganjurkan charge baterai laptop dalam keadaan mati sampai delapan jam atau seperti baterai baru saat di charge pertamakali.

9. Sesudah melakukan langkah charge baterai laptop di rasa sudah penuh 100%. Silahkan hidupkan atau nyalakan laptop sobat. Apakah baterai laptop sudah kembali normal dan tidak ngedrop apa belum, Jika baterai laptop masih ngedrop, silahkan sobat ulangi langkah-langkah diatas dengan cara dan volume yang berbeda sampai berhasil menerapkan komposisi yang tepat.

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet.


1. Jangan Charge Dalam Jangka Waktu Yang Lama Hingga Baterai Kepenuhan Saat Laptop Dalam Keadaan Kondisi Mati
Dengan melakukan charging sampai baterai kepenuhan terbukti menyebabkan daya tahan lama baterai bisa berkurang. Secara teknis memang jika laptop kita charge dengan waktu yang lama maka baterai kita bisa jadi kepanasan dan bisa merusak elemen di dalamnya. Salah satu contoh adalah apabila kebiasaan men-charge laptop kemudian ditinggal tidur dan pagi-pagi setelah kita bangun led baterai laptop udah pertanda penuh. Meski memang sepertinya biasa saja dan tidak terjadi apa-apa, namun dampaknya akan menjadi luar biasa di kemudian hari jika terlalu sering melakukan hal itu. Karena ini sudah pernah saya alami sendiri yang juga sering melakukan hal itu, Alhasil baterai laptop saya harus di ganti yang baru. Saran saya charge laptop secara normal dan jangan di biarkan terlalu lama hingga over hot.

2. Jangan Melepaskan Baterai Ketika Laptop Akan Dihidupkan
Menghidupkan laptop dengan Mode AC tanpa baterai atau langsung terhubung ke listrik melalui charge bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada motherboard dikarenakan keadaan listrik tidak stabil atau listrik mati mendadak dan tiba-tiba. Jika motherboard mengalami kerusakan, maka sama saja dengan kerusakan pada laptop secara keseluruhan. Hal ini memang bisa menghemat baterai, karena memang baterai tidak dipakai, jadi ya pasti awet baterainya. Namun sobat pilih baterai yang awet atau laptonya yang awet? Maka jangan sekali-kali melakukan hal itu, jika ingin laptop tetap awet.
Sebaliknya jika charge laptop pada Mode AC dengan baterai terpasang pada laptop memang memungkinkan terjadinya penurunan kualitas baterai, namun sangat aman bagi kesehatan laptop jika terjadi listrik mati mendadak atau tiba-tiba. Jadi saran saya agar tidak melepaskan baterai saat menggunakan laptop dengan langsung menghubungkan ke listrik melalui charger.

3. Bersihkan Logam Kontak Baterai Laptop Secara Berkala Dan Rutin
Sobat juga harus membersihkan logam kontak atau logam penghubung baterai laptop secara berkala. Hal ini akan membuat kontak catu daya dari baterai ke laptop menjadi efisien dan tidak terhambat. Sobat bisa menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan logam kontak baterai laptop.

4. Lepaskan Baterai Laptop Jika Laptop Tidak Digunakan Dalam Jangka Waktu Yang Lama
Jika kita tidak menggunakan laptop atau netbook dalam rentang waktu yang lama lebih dari satu hari bahkan berminggu-minggu dan berbulan-bulan lamanya, maka lepaskan baterainya dari laptop. Hal ini wajib kita lakukan, pasalnya jika kita tidak melepaskan baterai dari laptop maka akan menyebabkan terjadinya memuai atau karatan atau menjamur pada bagian logam kontak baterai yang terhubung ke laptop atau netbook. Alhasil daya baterai tidak bisa terisi dan tersalur pada laptop dengan sempurna dikarenakan ada hambatan karatan dan jamur pada logam kontak baterai.

5. Lakukan Kalibrasi Baterai Laptop Setiap 30 Kali Charge
Kalibrasi digunakan agar kalkulasi daya baterai laptop tetap akurat, berikut tips dan trik caranya:
Charge laptop sampai penuh 100% dan biarkan kabel charge tertancap kurang lebih selama 2 jam sambil gunakan laptop untuk aktifitas atau sekedar membuat makalah atau yang lainnya.
Aktifkan system hibernate. Setting agar system hibernate dijalakan otomatis jika baterai laptop sudah habis atau critical battery.
Gunakan laptop untuk aktifitas-aktifitas sobat dan tunggu sampai baterai habis dan system hibernate akan di lakukan secara otomatis.
Selama proses hibernate diamkan laptop selama kurang lebih 8 jam dengan kondisi baterai tetap tertancap dan terpasang pada laptop.
Setelah mencapai 8 jam, kemudian charge laptop selama sampai penuh namun laptop dalam kondisi masih hibernate atau belum dihidupkan.
Agar tidak perlu repot-repot menghitung berapa kali kita men-charge baterai laptop, Sobat bisa menggunakan software battery care. Karena software ini akan mencatatnya secara otomatis hingga looping ke berapa kita men-charge baterai laptop.

6. Pastikan bahwa ada udara yang bebas mengalir dan bersirkulasi dengan baik melalui laptop
Baterai laptop cenderung bekerja lebih berat ketika sistem pendingin laptop tidak memadai. Hal ini biasanya di tandai dengan suara kipas yang keras berputar sebagai sistem pendingin laptop, jika kipas bekerja dan berputar secara berlebihan maka Laptop jadi panas dan baterai laptop juga dapat di pastikan akan cepat terkuras dayanya. Jadi pastikan bahwa fungsi kipas pendingin bekerja dengan benar dan normal. Saran saya gunakan Cooling Pad atau kipas di bawah laptop sebagai tambahan sistem pendinginan laptop.

7. Jangan Menggunakan Multitasking Atau Membuka Banyak Aplikasi Secara Bersamaan
Sering kali tanpa kita sadari hal ini sering kita lakukan, entah itu kebutuhan atau juga cuma iseng main-main membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Alhasil tanpa kita sadari juga daya baterai laptop cepat habis. Untuk mengatasinya silahkan sobat kurangi penggunaan multitasking atau membuka terlalu banyak aplikasi sekaligus. Sebisanya pada saat sobat berkerja dengan laptop, lakukan dan tuntaskan salah satu pekerjaan saja pada satu waktu. Karena Multitasking dapat menguras daya baterai lebih cepat habis.

8. Jangan Menggunakan Device Perangkat Eksternal Yang Berlebihan
Menggunakan perangkat device seperti USB Flash Disk dan perangkat eksternal lainnya secara berlebihan termasuk juga Wi-Fi dan Mouse. Hal ini akan cepat menguras daya baterai laptop, Jika device USB tidak harus digunakan terus di USB slot, silahkan sobat eject saja atau putuskan koneksinya untuk menghindari penggunaan terlalu banyak daya baterai.

9. Non Aktifkan Update Otomatis Anti Virus Dan Juga Windows
Mematikan atau non aktifkan jadwal update otomatis seperti anti virus online dan juga windows dapat memperpanjang umur baterai laptop. Pasalnya jika semua sistem akan update secara otomatis dan online maka akan menguras daya baterai laptop secara berlebih tanpa kita ketahui. Hal ini juga bisa mengakibatkan leletnya saat ber-internetan dan berselancar di dunia maya.

10. Kurangi Volume Speaker Laptop Atau Netbook
Menggunakan volume speaker yang keras juga bisa cepat menguras daya baterai. Jadi kurangi volume speaker laptop atau matikan saja jika tidak terlalu diperlukan.

11. Jaga Suhu Baterai Agar Tidak Terlalu Panas Atau Over Hot
Usahakan menjaga suhu baterai laptop atau netbook agar tidak terlalu panas saat mengoperasikan laptop atau netbook. Jika terjadi over dan baterai kepanasan maka molekul yang ada di dalam baterai akan meleleh dan hasilnya baterai akan cepat kehabisan daya saat laptop di gunakan.

12. Hindari Penggunaan Laptop Atau Netbook Dalam Jangka Waktu Yang Sangat Lama

Demikian beberapa info Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Rusak yang disajikan admin LangitKomputer. semoga dengan membaca artikel ini baterai anda kembali seperti semula.
Advertisement

22 komentar:

  1. Kang hatur nuhun.....
    Semoga sukses terus. Dan terus berbagi ilmu, banyak alternatif sangat bermanfa'at.👍👍👍

    BalasHapus
  2. smoga Allah membalas sgala ilmu yang akang punya

    BalasHapus
  3. salut.. thanks very much gan..

    BalasHapus
  4. keren gan informasinya sangat membantu,
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop https://laptopbekasjogja.wordpress.com/

    BalasHapus
  5. saya baru beli batre notebook acer v5-121 tapi tiap nyampe 80% notebook mati. kenapa ya? padahal batre baru.

    BalasHapus
  6. Sangat membantu gan, thanks ..

    BalasHapus
  7. Terima kasih gan atas infonya,,,

    BalasHapus
  8. laptop saya baru diinstal kemarin di tukang servis. tapi kenapa batrai cepat habis ya setelah diinstal di tukang servis. padahal sebelum diinstal batrai tahan lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat servis apa meninggalkan carger bawaan laptop sendiri atau menggunakan charger tukang servis?

      Hapus
  9. Ane punya masalah dengan '0% (plugged in, not charging)' ane sudah melakukan petunjuk Yang Agan kasih seperti pada postingan Agan ini, ane sudah melakukan lebih dari 5x tapi sama sekali tidak ada perubahan gan. Ada solusi gak? Kira2 ada pengaruh dengan windows 7nya gak yah gan?

    BalasHapus
  10. gan punya masalah dengan '0% (plugged in, not charging)' tapi batre laptop saya di dalem bodi laptop jadi ga bisa lngsung di copot kya step2 yang agan kasih,ada solusi lain ga gan?

    BalasHapus
  11. Gan, saya pnya baterai laptop setiap 50% laptop mati, apakah dengan cara trik di masukan freze bisa kembali normal?

    BalasHapus
  12. Terima kasih gan infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  13. Terima kasih gan infonya tapi saya butuh bantuan agar laptop tidak sering mati saat dimainkan

    BalasHapus
  14. masalah battre ku di " error Consider Replacing Your Battery" udah aku ganti batrenya tapi tetep aja ... gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. window nya install ulang gan

      Hapus
  15. kalo baterai nya panasonis/ sony misal: 2200 mah, harus beli sama persis ? thanks...

    BalasHapus
  16. terimakasih sobat atas artikelnya

    BalasHapus

Solusi Nelpon SMS Paket Internet Telkomsel Murah - KLIK DISINI