Home » , , , , » Tutorial Memperbaiki Hardisk Rusak, Penyebab Hardisk Rusak dan Solusinya

Tutorial Memperbaiki Hardisk Rusak, Penyebab Hardisk Rusak dan Solusinya

Posted by Langit Komputer

Advertisement
LangitKomputer.com | Tutorial Memperbaiki Hardisk Rusak, Penyebab Hardisk Rusak dan Solusinya - Hallo sobat LangitKomputer, kali ini admin Langit Komputer asal Tanoh Gayo kembali menuliskan artikel seputar komputer tepatnya pada masalah hardisk yang rusak. ada banyak informasi yang berhubungan dengan hardisk ini antara lain ; hardisk rusak yang tidak terbaca, memperbaiki hardisk eksternal/internal laptop yang tidak terbaca saat install ulang, langkah memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca dan minta format di windows 7 dan di bios. serta cara memperbaiki hardisk rusak bunyi. Namun pada artikel ini kita hanya fokus pada Tutorial Memperbaiki Hardisk Rusak, Penyebab Hardisk Rusak dan Solusinya seperti yang admin jelaskan dibawah ini.

Tutorial Memperbaiki Hardisk Rusak, Penyebab Hardisk Rusak dan Solusinya LangitKomputer.com

cara memperbaiki hardisk rusak yang tidak terbaca sebagai pelengkap dari artikel artikel sebelumnya yang menyindir nyindir tentan panduan memperbaiki hardisk yang rusak dalam bahasa lain sering disebut dengan istilah merepair hardisk yang intinya sama sama sebagai suatu tindakan perbaikan terahadap hard drive. Hardisk adalah tempat penyimapanan data, terkadang hardisk mengamlami kendala saat di cek di BIOS, hardisk tersebut sama sekali tidak muncul, kenapa ini bisa terjadi? Apa solusiinya? Yup kita lanjutkan membaca .
 

Panduan Memperbaiki Hardisk yang Rusak

Hardisk termasuk bagian dari perangkat keras komputer, sebagaimana manusia bisa sakit maka hardisk juga seperti itu, penyakit atau jenis kerusakan yang terjadi paa hardisk sering disebut dengan istilah bad sector atau hardisk tidak terbaca.
 
Kerusakan hardisk terkadang dipengaruhi hal yang sepele dan tidak terlalu diperhatikan oleh sobat Malie, namun tanpa kita ketahui terkadang hal sepele itu memberikan dampak besar terhadap kinerja komputer kita. Nah kerusakan yang salah satunya menghalangi kita masuk ke BIOS pada kesempatan kali ini akan kita telusuri penyebabnya.
 

Penyebab Hardisk Cepat Rusak

Hardisk mengalami over atau kelebihan, dampak yang terlihat adalah kinerja yang lambat. Untuk tahap selanjutnya bisa berlanjut kepada hang.
Hardisk jarang atau malah tidak pernah dibersihkan, membersihkan hardisk yang dimaksud disini bukanlah membersihkan dalam arti mencucinya . Membersihkan yang malie maksudkan adalah menghapus file yang tidak terpakai, atau membuang program yang memang tidak terpakai ata hanya dibutuhkansatu waktu saja.
 
Jarang melakukan defragment, defragment adalah suatu program yang berinduk pada sistem operasi komputer (OS) yang berguna untuk menyusun kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Jika anda membuka file apa pun itu maka secara otomatis windows akan melakukan perubahan ruang hardisk. Nah dengan melakukan defragment maka file yang sudah dibongkar itu akan disusun ulang kembali. Dengan melakukan defragment secara berkala ini akan menjaga kestabilan komputer karena defragment meiliki kemampuan memperbaiki / men fix kan boot sector dalam hardisk ataupun program yang error. Sebaiknya defragment dilakukan sebulan sekali secara terjadwal.
 
Kembali lagi kepada permasalahan diatas, kerusakan umum pada hardisk adalah bad sector, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa macam langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hardisk ini.
Ada bermacam merk hardisk yang ada saat ini, menurut malie jenis hardisk yang terbaik saat ini adalah ;
1.    Silicon Power Rugged Armor A80 1 TB.
2.    Silicon Power Rugged Armor A15.
3.    Western Digital My Passport Slim 2TB.
4.    Toshiba Canvio Slim II 1TB.
5.    Toshiba Canvio 1.0 TB.
6.    G-Technology G-Drive.
7.    Western Digital My Passport Studio.
8.    Western Digital My Passport Ultra.
9.    Seagate Backup Plus 5TB.
10.    Seagate Backup Plus 2TB.
Nah, penanganan kerusakan hardisk itu tergantung dengan hardisk yang sobat malie gunakan saat ini.
 

Langkah langkah perbaikan hardisk rusak tidak terbaca

Melakukan format C, upsss, mengenadi drive disesuaikan dengna drive yang dimaksud.
Jika format tidak berhasil maka coba melakukan disk manager, semua pabrik hardisk sudah menyediakan program ini,
Memformat hardisk dengan menggunakan software HDDREG, silahkan googling untuk mendapatkan software itu ya .
Nah yang terakhir dalam langkah pemformatan adalah menggunakan format teknik Low Level Format atau Zero File. Perlu diketahui mMemformat hardisk ini akan mengakibatkan file di dalam hardisk hilang .
Langkah terakhir memperbaiki hardisk rusak ini adalah memotong sektor hardisk yang rusak dengan cara membagi hardisk serta tidak menggunakan hardisk yang rusak.
Cara Memperbaiki Hardisk Yang Tidak Terbaca Bios ini lebih fokus pembahasannya dari pada artikel yang lalu yang juga masih berbicara pada tutorial dan panduan memperbaiki hardisk yang rusak. Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca oleh BIOS (Basic Input Output System) memerlukan waktu yang lebih lama. Ini disebabkan karena memang kata sebagian teman malie memperbaiki hardisk yang gak terbaca di BIOS itu agak ribet dikit.
Berikut ini Ada beberapa teknik dan cara yang dapat dicoba sebagai upaya untuk memperbaiki hardisk tidak terbaca oleh BIOS, yuk kita melangkah kepada panduan berikut ini;
 LangitKomputer.com | Tutorial Memperbaiki Hardisk Rusak, Penyebab Hardisk Rusak dan Solusinya
Hal utama yang harus diperhatikan adalah pengaturan atau settingan BIOS itu sendiri. Sobat malie sudah harus memastikan bahwa hardisk tidak disetting OFF, karena settinga atau pengaturan ini yang menyebabkan hardisk tidak terbaca. Jika ternyata statusnya dalah of maka cukup ubah pengaturan hardisk pada BIOS menjadi hardisk ON.
Memeriksa daya atau arus listrik yang mengalir ke kabel hardisk, terkadang kelalaian masalah kecil seperti ini sering terjadi saat pemasangan ulang hardisk ketika selesai dibongkar dan sebagainya seperti kabel terputus, kesalahan dalam memasang kabel tidak sesuai tempat yang telah ditentukan, jika sudah demikian, maka memasang kabel dan memastikan arus lancar menuju hardisk adalah hal utama.
Jika sudah mencoba melakukan hal yang diatas namun belum juga terlihat perubahan maka coba periksa  piringan hardisk, kesalahan dari piringan hardisk diketahui jika tidak berputar hal ini disebebakan karena aliran listrik tidak mendukung, jika sudah terjadi hal demikian maka cek lagi keadaan kabel hardisk apakah dalam keadaan baik, atau sebaiknya ditukar dengan kabel power lainnya yang masih bagus.
Jika seluruh cara diatas sudah sobat malie coba namun belum memberikan hasil yang maksimal maka kemungkinan besar memang terjadi kesalahan pada hardisk itu sendiri. Sebagai saran dan masukan jika ingin mengganti hardisk anda dengan yang baru maka bisa mempertimbangkan daftar nama hardisk yang malie rekomendasikan dibawah ini;
1.    LaCie Rugged Thunderbolt (1TB)
2.    Elgato Thunderbolt Drive+
3.    The Thunderbolt drive+
4.    WD My Passport Ultra
5.    WD My Passport Slim
 
Demikianlah artikel Cara Memperbaiki Hardisk Yang Tidak Terbaca Bios, kami menyadari artikel ini mungkin tidak memberikan pencerahan kepada sobat secara keseluruhan, jika pembaca memilki pedoman dan pengalaman yang lebih dalam dalam perbaikan hardisk yang tidak terbaca di BIOS maka kami persilahkan dengan segala hormat membagikan ilmu dan pengetahuannya di kolom komentar. Selanjutnya pada tahap berikutnya komentar itu akan dinaikkan kedalam bagian artikel ini untuk kelengkapan dan kesempurnaan artikel ini, terima kasih telah membaca artikel Cara Memperbaiki Hardisk Yang Tidak Terbaca Bios kami ini, semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar

Solusi Nelpon SMS Paket Internet Telkomsel Murah - KLIK DISINI